Jualan di web - Simplicity

Sudah setahun web GN ini berdiri, dan cukup menarik banyak pengunjung. Sekarang saatnya upgrade!, saya teringat ucapan beberapa pakar internet marketing… “kamu mau buat web yang indah atau yang bisa menjual?”

2 hal yang berbeda!…

Kehebatan internet adalah aksesibilitas, setiap orang bisa mengunjungi. Tapi di situ juga kelemahannya.. masing-masing orang yang datang punya persepsi yang berbeda-beda tentang bagaimana menggunakan interface dari web yang di kunjungi.

Para internet marketer sepakat untuk membuang seluruh hal-hal yang tidak di perlukan dalam proses jual-beli, semua harus di ringkas menjadi 4 langkah dasar.

OPT-in  -> Sales Letter –> Order page –> Thank You page.

Opt-in adalah bagian daripada pengunjung datang. Biasanya mereka hanya memasukkan email address dan nama lengkapnya.

Bagian ini juga harus ringkas. dari 3 field (First Name, Last Name, email) di potong menjadi 2 (Nama lengkap, email)

Sales letter, rumus umumnya adalah:
makin panjang makin baik! (perhatikan psychology trigger di setiap bagian), kita tidak tahu bagian yg mana yang cocok dengan situasi pembaca. Jangan lupa memasukkan unsur ‘CALL TO ACTION’, para internet marketer paham betul apa artinya.

makin panjang bukan berarti harus ngecap.. yang enggak betul ikut di tulis. Sebaiknya rumus simple tetap di pergunakan, jangan gunakan paragraf yang panjang.

Nah call to action harus ada yang bisa di gunakan (klik) oleh pengunjung.

Menyuruh orangnya untuk bertindak. misalnya: BELI SEKARANG, KLIK DISINI, bla bla..

Jadi panduan umum sales letter adalah menerangkan sekaligus menyuruh bertindak dan akhirnya masuk ke bagian order page. Pada halaman ini semua hal-hal yang bersifat mengalihkan pandangan ke tempat lain seharusnya di hilangkan. Grafik / image kalau tidak mendukung proses penjualan… buang!

disinilah yang membedakan antara web indah dengan jualan. Seluruh elemen design harus menunjang, kalau tidak berarti salah designernya! bukan salah pengunjung kalo makin bingung.

Order page – pengguna harus bisa di edit dan di sesuaikan dengan kebutuhan, setelah berpengalaman menggunakan cms-cms yang ada. proses order page yang cocok dengan saya belum ada. biasanya harus menggunakan 2 s/d 4 step, memodifikasi cms belum ada waktu. Order page harus 1 step!!.. ini konsep yang harus di pegang. Gunakan teknologi yang mulai berkembang.. web 2.0 / ajax. Jangan ganti2 formnya, nanti pengunjung bingung.

Thank you page – Biasanya berisikan kata-kata terima kasih kepada pengunjung, setelah proses order bisa di manfaatkan untuk menawarkan referal ke tempat lain ataupun sales lain.

Sekarang saatnya coding dari awal, menyusun kembali konten dan memperbaiki interface. semoga bermanfaat.

Wassalam.
Irza Pulungan

0 komentar:

Posting Komentar