Bake Cakephp dengan variasi.

ayampanggangmerah

  cakePhp sangat mencengangkan, dalam perjalanan menggunakan dan berexplorasi sambil bisnis, sayapun melakukan percobaan-percobaan yang sebenarnya tidak baik untuk di lakukan. Keterbatasan saya untuk mencari-cari referensi menjadikan hal ini terjadi. Sebenarnya hal ini bukan barang baru. Namun inilah yang saya coba. Okay.. untuk yang baru belajar cakephp jangan ikutin jejak ini, walaupun saya juga pemula tapi ini sangat tidak baik....(children don't try this at home!)

Buka direktory dalam installan cake kamu:

cake/console/libs/tempates/view

anda akan dapatkan form.ctp , index.ctp, view.ctp, dll..

Inilah sepertinya.. (kalau gak salah) file yang akan membuat template kalau kita mempergunakan bake dari console .. seperti yang ada disini.

Disini saya berekperimen untuk menambahkan file.

excel.ctp -> untuk langsung membuat export ke excel. Berguna untuk mengexport tabel html dari tampilan cake ke excel.

listpdf.ctp -> untuk mengexport tabel ke format pdf.

viewpdf.ctp -> untuk mengexport 'VIEW' ke format PDF

silahkan gila-gilaan merombak file-file tsb.. hasilnya saya gak tanggung jawab. he he..

tapi ide dasarnya adalah apabila kita ngebake 1 controller (satu tabel).. langsung ada fungsi tambahan seperti export ke excel dan PDF.

bayangkan penghematan coding kalau kita membuat ERP untuk 300 tabel.

form yang lainnya pun saya ubah untuk memenuhi kebutuhan AJAX. Supaya bisa langsung format ajax yang sekarang lagi trend.

untuk file yang mencetak controller nya sewaktu ngebake, adalah:

cake/console/libs/tasks/controller.php

ada di function bakeActions

tambahkan fungsi-fungsi yang elo mau... happy baking cakephp.

1 komentar:

Dannie mengatakan...

KK, bagi code bake nya dong.

Posting Komentar