menyambung export import Access MDB, sekarang EXCEL ke mySQL

di posting saya sebelumnya saya membicarakan bagaimana mengeksport dari msaccess ke mysql. Problem ini ada karena customer saya menginginkan manipulasi database dengan jumlah yang besar. Pilihan mysql adalah yang saya pilih karena flexibilitasnya menaruh file yang besar.
dengan menggunakan dbase msaccess rupanya setelah 1 Gb dari file MDB terasa sangat lambat sekali. sedangkan kalau dengan mysql semuanya masih santai-santai saja.

ok, problem berikut ada file tabel spreadsheet excel yang saya ingin masukkan juga ke mysql. Tapi tabelnya masih belum 'normalize' alias berantakan banget. Dan untuk membetulkan semua ini perlu kejelian dan ketrampilan sendiri.

ada beberapa problem yang saya hadapi.
1. Ada kolom yang isinya campuran antara text dan date.
2. ada tanda +/- dalam kolom date
3. ada kutipan string dalam kolom date.

sepertinya problem selalu berkisar di kolom date.

merubah format kolom date ke string kadang malah jadi salah. yang di tulis 31-apr-90 malah jadi 5 digit time : 44030 misalnya. sedang yang string tetap string.
problemnya disini saya ingin merubah kolom ini menjadi string dulu.

okay.. tipsnya adalah. insert kolom baru di sebelah kolom date yang akan di manipulasi. pilih kolom di excel yang akan di copy (klik langsung judul kolomnya)

buka wordpad (pasti heran.. ya beginilah akal-akalannya.)

paste di wordpad. dengan 'paste special' trus pilih text.

lalu dari wordpad select all, copy lagi ke excel di kolom yang sudah disisipkan tadi.
sekarang ada warning. jumlah rownya katanya berbeda.. udah sikat aja. klik OK.

nah dari situ terlihat kalau barisnya berbeda dengan sebelahnya.. tinggal di cek aja.

kalau file excelnya sudah rapih.. baru deh kita import ke access.. nah lo kok bukan ke mysql??
iya trik ini saya pergunakan kalau males meriksa lagi.

kalau masuk ke access, jika ada kesalahan formatting, akan dibuatkan error message dlm bentuk tabel. supaya gampang meriksanya. pake referensi ini.

cara importnya adalah tabel-> import -> pilih odbc (set dulu nama odbc nya). lalu pilih nama file dan worksheet mana yang mau di import.

kalau masih ada salah, hapus lagi tabel importnya, betulin excelnya lalu coba import lagi sampai bersih.
cek semua tabel di msaccess sudah masuk apa belum... baru export odbc ke mysql dengan cara posting sebelum ini..

untuk itu harus punya mysql-odbc yang bisa di download di websitenya mysql.

stepnya banyak yee.. :)
kasih tahu saya yaa.. kalo ada cara yang gampang lagi. :)

0 komentar:

Posting Komentar