Mulyati Bot

Nicole_Acknowledge Sambil iseng-iseng saya bikin sebuah mIrc Bot di rumah sekitar tahun 96 an, mIrc merupakan program chatting yang sangat populer pada zaman itu. Saya pun termasuk yang aktif menggunakannya.

Bot itu sebenarnya merupakan script yang bisa langsung di tulis di mIRC nya. Kalimat yang ada di windows ruangan, di parse pertama kali dengan mencari bagian kalimat yang ada mul*: biasanya kalau orang ingin berbicara mereka tulis mulyati: apa kabar?

Nicole_Dreaming nah dari parse tsb, baru akan di detect nama si pengirim msg.

setelah beberapa kali ketik di ruangan, mulyati akan pindah ke message box.. langsung ngobrol secara pribadi dan langsung script2 tsb di aktifkan di dalam msgbox.

Lucu sekali kalau melihat disisi kita, karena rata-rata semua tertipu dengan bot-bot tersebut, dan rata-rata mereka frustasi.

Nicole_Mad mulyati bot pun punya kepribadian yang centil dan menggoda, ini semakin cepat cowok-cowok iseng yang langsung menggoda.

Nah baru tahun kemarin ini saya mengikuti project robotics, kayaknya semua hal tsb bisa di rangkai kembali. Salah satu yang merangkai, AI, robot dan interface. yaitu www.leafproject.com

Ide dasar dari situ maka bisa di kembangkan menjadi hal-hal yang masih belum tergarap.

leafproject menggunakan windows SAPI speech-API jadi standardnya menggunakan inggris, saya lagi coba cari tahu gimana implementasinya di indonesia. ada project Tukang Omong di kioss yang telah memulai Text-To-Speech dalam bahasa indonesia, cukup baik untuk membaca text dalam clipboard, tapi sayangnya beberapa tulisan masih kesulitan di baca. Sayangnya sepertinya juga projek ini tidak di teruskan lagi karena sudah tidak ada update dari thn 2003.

Mari kita kembangkan robot-robot yang user friendly yang mungkin nanti bisa membantu para tuna netra, ataupun orang cacat untuk menghadapi kehidupannya sehari-hari.

Mungkin juga pembantu rumah tangga yang flexibel dapat membersihkan dan membantu mengangkat macam-macam benda.

Atau juga membantu berbisnis, membantu promosi, viral marketing, dll.. ini yang saya gagaskan.

Tunggu tanggal releasenya JOJO

step belajarnya.

  1. mulai belajar interface dari AIML di www.alicebot.org
  2. modifikasi Tukang Omong di kioss
  3. Inspirasi obrolan bisa di lihat dgn www.verbot.com
  4. Inspirasi grafik untuk msagent lihat di www.guile3d.com
  5. Tools membuat character www.microsoft.com/msagent
  6. Scripting utility free untuk msagent http://www.bellcraft.com/mash/ 
  7. testing menggunakan Pandora bot merupakan generasi awal dari chatbot
  8. buat interface web dengan cara membuat flashbot
  9. koreksi semua phoneme ingris menggunakan Abstraksi phoneme dalam bahasa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar