Nge-bake CakePhp = manggang kue.

Coding php memang membutuhkan waktu dan cukup melelahkan kalau kita berurusan dengan database, terutama untuk membuat semua link-linknya. Satu tabel saja sudah kedodoran untuk meriksa link delete, create, view, add..(CRUD) belum lagi kalo tabelnya ada ratusan.. udah bisa di bayangkan pedesnya mata meriksa link-link itu di HTML.

Untungnya, di framework cakephp hal ini menjadi lebih ringan, karena untuk membuat function CRUD sudah build-in di cakephp.

Mari kita coba mainkan..

Untuk developping aplikasi php saya menggunakan xampp sebagai server karena sudah terinstall apache, php dan mysql dalam satu direktori, ini sangat memudahkan untuk yang belum terbiasa menginstall ke tiga program tsb. Disini saya sudah menganggap anda sudah berhasil menginstall cake php dan sudah bisa connect ke database MySqlnya.

Kalau juga udah bosen, enaknya tinggal delete direktory xampp nya aja.. beres udah.. karena nggak ninggalin apa-apa di registry windows.

Nah untuk ini kita perlu nge-set path php kita agar kita bisa manggil php dari command line. Bisa di set di my Computer-> klik tombol kanan -> properties -> Advanced -> Environnement Variables -> System Variables -> path.

nah kita tambahkan lah direktori php kita.. untuk contoh kita ini, saya menginstall xampp di direktori E:\xampp

jadi path php saya menjadi e:\xampp\php, nah tambahin aja di belakangnya..

far[6]

kalo sudah siap mari kita bikin tabel di mySQL dengan menggunakan phpMyAdmin. Saya nggak panjang-panjang menguraikan buat tabel ini, silahkan baca tutorial mysql kalau ingin lebih mendetail.

di konvensi cake mengharuskan kita untuk memakai bentuk jamak dari nama tabel. misalnya kita ingin buat tabel company maka kita harus menamakan tabelnya companies.

buat tabel 'companies' tapi jangan lupa salah satu fieldnya namanya harus 'id',

field 'id' ini harus berattribut INT dan Auto Increment, far[8]

salah satu yang paling asik dari cake adalah kalau kita tambahin field, created dan modified, nanti automatis di aplikasi kita langsung di pakai oleh cakephp tanpa harus koding macem-macem.

Nah kalo tabel itu sudah siap mari kita mulai 'bake', beginilah kira kira caranya.. panggil command prompt.. Run->cmd.exe lalu pindah ke direktory cake/console di dalam direktori dimana anda sudah mengekstrak cakephp anda.

far[4] 

Nah dari command prompt ini yang saya ketik adalah:

CAKE BAKE ALL -WORKING E:\XAMPP\HTDOCS\PRA\APP\

(silahkan di sesuaikan dengan direktori dimana anda menginstall cake)

kalau setup anda sudah sesuai semua nanti cake akan menampilkan list tabel yang sudah pernah anda buat, masukkan angka tabel anda. misalnya 7.

nah kalo abis itu bingung.. pilih aja yes yes semua sampai pertanyaannya habis.

Karena pilihan command tadi adalah CAKE BAKE ALL maka secara automatis cake akan membuat model, controller, sekaligus viewnya tanpa kita perlu ngetik repot-repot lagi.

Saya berfilosofi lebih gampang ngapus dari pada ngetiknya.. nah brangkat dari situ hapus aja semua function-function yang nggak cocok atau perlu modifikasi.

Di lain waktu saya akan bahas option-option yang ada di CAKE BAKE

salam.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

numpang nanya.. saya mencoba tutorial ini,
namun ada blm bisa ada error :

Welcome to CakePHP v1.2.2.8120 Console
---------------------------------------------------------------
App : console
Path: D:/web/cake12/cake/console
---------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------
Bake All
---------------------------------------------------------------
Error: Missing Database Connection. Try 'cake bake'

mohon bantuannya kira2 ini knp yah?

Posting Komentar